Sosialisasi Antikorupsi di Ponorogo Libatkan Dalang Cilik

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Mita Kusuma

Dalang cilik Muhammad Fatikh Assegaf saat terlibat dalam wayangan antikorupsi di Ponorogo

jatimnow.com - Ada cara unik Kejaksaan Negeri (Kejari) Ponorogo melakukan sosialisasi antikorupsi. Mereka mengadakan wayangan semalam suntuk dengan dalang cilik Muhammad Fatikh Assegaf.

Wayangan yang diadakan di Mall Ponorogo City Center (PCC), Jalan Juanda, Ponorogo itu, digelar dalam rangka memperingati Hari Antikorupsi. Dalam wayangan tersebut, sang dalang cilik membawakan lakon Wisanggeni yang menceritakan bahwa korupsi itu tidak dapat ditoleransi.

"Ini adalah bukti bahawa kita melibatkan anak-anak muda untuk ikut mencegah korupsi," terang Kejari Ponorogo, Hilman Azazi, Jumat (7/12/2018).

Ia mengaku sengaja memilih dalang cilik dan wayangan karena kehidupan masyarakat di Ponorogo kental dengan budaya Jawa. "Di tengah-tengah pagelaran, kami selipkan narasi-narasi antikorupsi," terangnya.

Dengan itu, Hilman berharap pesan-pesan antikorupsi bisa lebih mengena ke masyarakat.

Sementara, Eko Setiawan, salah satu penonton mengapresiasi langkah Kejari Ponorogo tersebut. "Ini beda dengan peringatan Hari Antikotupsi di tempat lain," akunya.

Ia berharap, Hari Antikorupsi ini tidak sekedar seremonial, namun juga bisa diterapkan ke semua kalangan masyarakat.

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter