PMK di Trenggalek Iringi Pernikahan Anggota dengan Nozel Pora

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Bramanta Pamungkas

PMK Trenggalek melakukan prosesi nozel pora

jatimnow.com - Petugas Pemadam Kebakaran (PMK) di Kabupaten Trenggalek punya cara unik mengiringi anggotanya yang menikah. Mereka melakukan prosesi nozel pora seperti layaknya pedang pora kepolisian dan TNI.

Prosesi itu terlihat saat pernikahan pasangan Jefri Candra Setiawan dan Frillyan Selvana, di Desa Sukorejo, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Trenggalek, Sabtu (15/12/2018). Jefri merupakan anggota PMK Kabupaten Trenggalek yang melepas masa lajangnya.

Jika TNI dan polisi mengangkat pedang atau senjata mereka saat prosesi, puluhan anggota PMK di Trenggalek ini mengangkat nozel yang biasa digunakan untuk menyemprotkan air. Dalam prosesinya, petugas PMK menyemprotkan 1.500 liter air sebagai tanda pelepasan sang pengantin.

Aksi upacara nozel pora itupun menarik perhatian masyarakat sekitar, termasuk tamu undangan. ""Kami melakukan persiapan hanya empat hari. Dan nozel pora ini baru pertama kali kami lakukan," sebut Koordinator PMK Trenggalek, Mochammad Basuki, Sabtu (15/12/2018).

Basuki juga menyampaikan, upacara itu terinspirasi dari upacara pedang pora yang biasa dilakukan TNI dan polisi saat ada salah satu anggotanya menikah.

Meski melaksanakan upacara nozel pora, para petugas PMK tetap siaga jika terjadi bencana kebakaran sewaktu-waktu. Sebab setelah itu, mereka langsung kembali ke markas untuk berjaga. "Jadi, prosesi ini tidak akan menggangu tugas pokok kami," tegas Basuki.

Sementara itu, Jefri Candra mengaku terkesan atas nozel pora yang dilakukan kesatuannya itu. Apalagi baru pertama kali itu dilakukan. Selain merasa bangga, Jefri yang sudah bergabung sebagai petugas sejak 2013 lalu ini, juga merasa terharu.
"Saya tidak menyangka akan dibuatkan upacara seperti ini, padahal persiapannya mepet," tambah Jefri.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter