Politisi NasDem: Jangan Curigai Penggunaan Dana Kelurahan

Editor: Budi Sugiharto / Reporter: Arif Ardianto

Gus Choi saat mengunjungi Pasar Keputran Surabaya

jatimnow.com - Pemerintah berencana mencairkan dana kelurahan tahun ini. Sempat menuai polemik. Kebijakan Presiden Jokowi ini sebagai bentuk nyata melibatkan rakyat di desa maupun kelurahan menentukan masa depan Indonesia.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai NasDem, Effendi Choirie atau Gus Choi menilai bahwa kebijakan mengalirkan dana APBN atau APBD langsung kepada rakyat adalah langkah bagus.

"Itu yang ditunggu rakyat selama ini. Itu perjuangan panjang. Dana tersebut untuk berbagai keperluan di tingkat struktur pemerintahan yang langsung berhubungan dengan rakyat paling bawah," ujar Gus Choi, Rabu (2/1/2019).

Baca juga:

Gus Choi mengkritisi beberapa tudingan yang mencurigai program ini rawan disalahgunakan dan kurang tepat sasaran. Menurut Gus Choi, seharusnya ada solusi bimbingan teknis kepada perangkat daerah penerima anggaran agar tidak menyalahi aturan.

"Setelah menerima jangan dicurigai penggunaannya. Bimbing mereka, dampingi mereka. Buat mereka senang dan bahagia. Buat mereka aman, nyaman, sejahtera," tegasnya.

Gus Choi memandang program Dana Kelurahan ini sebagai wujud kepedulian negara terhadap masyarakat. Program ini diangggap menyetuh langsung masyarakat yang selama ini hanya sebagai penonton pembangunan.

"Itu juga bagian dari perwujudan membangun Indonesia dari kampung atau dari pinggiran. Selama orde baru dan awal reformasi, rakyat desa/kampung hanya jadi penonton, hanya jadi obyek," pungkas caleg DPR RI Daerah Pemilihan Gresik-Lamongan ini.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter