Ini Penyebab Kematian Bayi yang Dibuang Ibunya ke Kloset

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Bramanta Pamungkas

Kasatreskrim Polres Tulungagung AKP Hendro Tri Wahyono

jatimnow.com - Tim forensik Polda Jawa Timur melakukan otopsi terhadap jenazah bayi, yang dibuang oleh ibunya di kloset Puskesmas Kauman, Kabupaten Tulungagung.

Otopsi ini dilakukan untuk mengetahui pasti penyebab kematian bayi berjenis kelamin perempuan ini. Dari hasil otopsi ditemukan adanya luka cekikan pada leher dan pendarahan pada bagian perut. Luka cekikan di leher ini menjadi penyebab kematian bayi naas ini.

Kasatreskrim Polres Tulungagung, AKP Hendro Tri Wahyono menjelaskan sesaat setelah dilahirkan, bayi diangkat pada bagian lehernya dengan tangan kiri. Saat diangkat itu diduga bayi tercekik sehingga kekurangan oksigen dan mati lemas.

"Penyebab kematian bayi ini karena luka cekikan pada bagian leher sehingga kekurangan oksigen dan mati lemas," kata AKP Hendro Tri Wahyono, Sabtu (12/01/2019).

Baca juga:  

Untuk temuan pendarahan pada bagian dalam perut bayi diduga terjadi karena dimasukkan ke dalam kloset. Saat ditemukan bagian perut ke bawah sudah masuk ke kloset dan mengakibatkan luka pada perut bayi. Bahkan polisi terpaksa membongkar kloset untuk mengevakuasi jenazah bayi ini.

"Lubang pada kloset sangat sempit sehingga jenazah terjepit dan kita terpaksa membongkar klosetnya," jelasnya.

Sebelumnya ER (16) seorang pasien di Puskesmas Kauman, nekat membuang bayi yang baru dilahirkannya, kedalam kloset kamar mandi pada Kamis (10/1) malam.

Hingga saat ini polisi masih terus melakukan penyidikan, untuk mengetahui motif perbuatan pelaku. Polisi belum bisa meminta keterangan pelaku, karena masih dirawat di Puskesmas.

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter