Empat Tahanan Polres Pasuruan Kota Kabur

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Moch Rois

Ilustrasi/jatimnow.com

jatimnow.com - Empat tahanan kasus narkoba Polres Pasuruan Kota kabur dari sel tahanan. Kejadian kaburnya tahanan tersebut diketahui polisi, Jumat (22/3) dini hari.

"Dugaan kami, S dan ketiga temannya merencanakan sudah jauh-jauh hari sebelumnya," kata Kasubag Humas Polres Pasuruan Kota, AKP Endy Purwanto, Minggu (24/3/2019).

Menurutnya, dua dari empat tahanan yang kabur itu berkas penahanannya akan diserahkan kepada Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Pasuruan atau P21.

"Pengalaman mereka di dalam sel, diduga membuatnya mengerti kelengahan petugas penjagaan tahanan," ujarnya.

AKP Endy menambahkan saat itu hanya satu polisi yang berjaga di ruang tahanan saat empat tahanan kasus narkoba melarikan diri. Padahal, seharusnya ada dua orang yang menjaga tahanan. Satu penjaga tersebut dikarenakan 1 petugas lainnya tengah izin sakit.

Dengan hanya dijaga satu orang, membuat keempat tahanan memanfaatkan kelengahan petugas untuk kabur. Mereka kabur melalui jendela teralis samping belakang yang besinya sudah berkarat.

"Mereka kabur melalui jendela teralis di bagian samping belakang, dengan cara menjebolnya dengan kaki. Diawali dari S, kemudian disusul tiga tahanan lainnya," ungkap Endy.

Ia menegaskan jika anggota yang berjaga saat itu sudah bekerja maksimal dan sesuai prosedur.

"Kami membantah jika disebutkan anggota kami ketiduran saat berjaga. Mereka berjaga di bagian depan dan tahanan yang kabur ini dari sisi samping belakang. Petugas baru mengetahui setelah apel pagi tahanan kalau kurang jumlahnya," tegasnya.

Sebagai upaya tindakan selanjutnya, Endy mengatakan jika fungsi Tahti akan meningkatkan sistem pengamanan di sel tahanan. Baik pembenahan teralis jendela yang jebol dan CCTV.

"Semua rekaman aksi para tahanan yang kabur sudah diidentifikasi. Kami berkomitmen kepada masyarakat, kasus ini hanya sekali ini dan tidak terulang kembali lagi," katanya sambil menegaskan polisi masih melakukan pengejaran untuk menangkap kembali empat tahanan yang kabur tersebut.

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter