Banjir di Malang, Wali Kota Sutiaji: Ini Penyebabnya

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Avirista Midaada

Wali Kota Malang, Sutiaji sidak saluran

jatimnow.com - Hujan deras kurang lebih satu jam yang mengguyur Kota Malang menyebabkan sejumlah lokasi terendam banjir, Senin (15/4/2019). Seperti di Jalan Soekarno-Hatta tepatnya di depan RS Universitas Brawijaya (RS UB), ketinggian air mencapai 1 meter dari jalan raya.

"Di depan RS UB ketinggiannya sampai menutupi sepeda motor makanya tidak ada yang berani lewat sana. Arusnya juga deras," kata Ahmad Ariansyah, seorang mahasiswa Universitas Brawijaya.

Banjir juga menggenangi beberapa jalan protokol lainnya di Kota Malang, di antaranya di Jalan Letjen Sutoyo, Letjen S. Parman, hingga Jalan Ahmad Yani. Di tiga jalan yang merupakan jalur utama keluar masuk Kota Malang, ketinggian air bervariasi dari 20 - 60 sentimeter.

Wali Kota Malang, Sutiaji bersama jajaran Dinas Pekerjaan Umum (DPU) melakukan sidak menemukan sampah berupa bambu, guling, bantal, hingga plastik di depan Hotel Atria, Jalan Letjen Sutoyo.

"Tadi begitu hujan deras seluruh petugas dari PU bersiaga di 26 titik yang rawan banjir untuk memantau. Ternyata di sini ditemukan barongan (bambu dan pohon) yang menyumbat aliran air. Jadi kita bersihkan langsung," katanya.

Sutiaji bahkan turut turun langsung ke saluran air untuk memotong sejumlah bambu dan kayu berdiameter yang cukup panjang dan besar ini.

"Kami sendiri tidak tahu itu kayu, bambu, dan sampah dari mana, karena tadi memang dari penuturan warga setempat sempat membuat arus air meluap karena drainase tidak lancar," pungkasnya.

 

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter