jatimnow.com
DLH Ambil Sampel Air Sungai Mungkungan Ponorogo yang Hitam dan Bau

Sungai Mungkungan Ponorogo yang diduga tercemar limbah pabrik

jatimnow.com - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Ponorogo akhirnya turun tangan setelah mendapat laporan Sungai Mungkungan di Desa Tajuk, Kecamatan Siman, Kabupaten Ponorogo berubah jadi hitam dan bau.

Kepala DLH Ponorogo Sapto Djatmiko menyebut, ia dan timnya sudah terjun ke lokasi. Menurutnya, secara kasat mata air pada sungai itu memang berubah warna menjadi pekat.

"Kami menyusuri sungai dan kami temui tumpukan sampah. Barang-barang seperi pembalut wanita dan pampers kami temukan," kata Sapto, Selasa (6/8/2019).

Hotel Sahid Surabaya 2222 Best Wedding Dates

Baca juga:  Warga Ponorogo Resah, Air Sungai Mungkungan Berubah Jadi Hitam dan Bau

Dari penelusuran itu, lanjut Sapto, disinyalir ada sistem pembuangan limbah pabrik yang bocor sehingga mencemari air sungai tersebut.

"Kami belum bisa menjustifikasi kalau itu pencemaran, kalau belum ada sistem laboratorium. Oleh karena itu kami datangkan tim dari Surabaya untuk mengambil sampel di situ," tambahnya.

Untuk keperluan laboratorium, DLH mengambil sampel air sungai. Proses laboratorium itu memakan waktu kurang lebih minimal dua minggu. Dan untuk langkah sementara, DLH menjernihkan air sungai dengan bahan-bahan kimia.

Dari penuturan warga setempat, Sungai Mungkungan berubah jadi hitam dan bau sejak 6 bulan lalu. Air Sungai Mungkungan digunakan untuk mengaliri sawah di sekitar Desa Tajuk. Warga menduga air sungai itu terdampak limbah salah satu pabrik tepung.

Loading...

 

Berita Terkait