Bupati Ipong Imbau Wadah Daging Kurban Tak Pakai Kantong Plastik

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Mita Kusuma

Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni

jatimnow.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo menerapkan aturan diet kantong plastik.

Aturan tersebut diberlakukan atas adanya Surat Edaran(SE) Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Direktorat Jendral (Dirjend) Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya Nomor SE.8/PSLB3/PS/PLB.0/5/2016, tentang pengurangan sampah plastik melalui kantong belanja plastik sekali pakai.

Pemkab Ponorogo mengimbau masyarakat untuk menghindari kantong kresek saat mewadahi daging hewan kurban.

"Kurban tahun ini memang saya imbau untuk tidak mewadahi daging hewan kurban dengan kantong kresek," kata Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni, Rabu (7/8/2019).

Alternatifnya, lanjut dia, bisa menggunakan besek yang terbuat dari bambu. Atau juga bisa menggunakan daun pisang atau daun jati.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemkab Ponorogo, Sapto Djatmiko himbauan tersebut sudah disebarkan ke semua OPD, kecamatan, kelurahan bahkan takmir masjid.

"Sudah kami sebarkan ke semuanya. Ya harapannya semua mau mematuhi," tegasnya.

Menurutnya, pembatasan tersebut dikarenakan volume sampah plastik di Ponorogo juga mengkhawatirkan jika diet plastik tidak kunjung diterapkan. Dalam sehari sampah yang dihasilkan warga Ponorogo mencapai 10 ton setiap hari.

"Itu sampah non organik. Yang puluhan tahun tidak bisa terurai. Kalau tidak dari sekarang kapan lagi," pungkasnya.

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter