Diborong dan Dikirim ke Tiongkok, Stok Masker di Tulungagung Menipis

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Bramanta Pamungkas

Apoteker di Tulungagung tunjukkan stok masker yang menipis

jatimnow.com - Penjualan masker di sejumlah apotek di Tulungagung melonjak. Saat ini stok masker di apotik tinggal sedikit karena banyak dibeli masyarakat.

Para pembeli memborong masker tersebut untuk dikirimkan ke kerabatnya, yang bekerja sebagai TKI di negara Tiongkok.

Tri Ulfa, salah seorang apoteker mengatakan masker diborong telah terjadi sejak dua minggu lalu. Dua jenis masker yakni biasa dan jenis N95 saat ini stok nya sudah menipis.

"Mulai ada peningkatan sejak 2 minggu terakhir. Biasanya yang nanya satu dua orang tapi sekarang ini tiap jam ada yang nanya," ujarnya, Selasa (4/2/2020).

Menurutnya, para pembeli tidak hanya membeli eceran. Mereka memborong 8 hingga 10 dos.

Para pembeli bercerita jika masker tersebut akan dikirimkan ke kerabat mereka, yang bekerja sebagai TKI di beberapa negara sekitar Tiongkok.

"Saat ini yang eceran masih ada, tapi yang ukuran dos besar kemarin baru datang langsung ada yang beli," ujarnya.

Begitu juga apotek lain di Tulungagung. Yuda Chandra mengatakan di tempatnya dari 3 apotek yang dikelolanya saat ini, semuanya mengalami masalah yang sama yakni tidak memiliki stok masker.

Sejak 2 minggu yang lalu ketersediaan masker sudah diborong dan habis terjual, dirinya enggan membeli lagi dari distributor karena harganya naik berkali lipat lebih dari 100 persen.

"Kiriman dari distributor itu sudah kosong. Saya dapat harga di marketplace itu sampai Rp 90 ribu per boks untuk merk yang sama. Padahal normalnya hanya Rp 30 ribu," pungkasnya.

 

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow4@gmail.com

Newsletter