Buaya yang Muncul di Sungai Brantas Kota Kediri Diduga Sengaja Dilepas

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Bramanta Pamungkas

Petugas gabungan melakukan pemantauan buaya yang muncul di Sungai Brantas Kota Kediri

jatimnow.com - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur melakukan pengecekan ke Sungai Brantas Kota Kediri, menyusul penampakan buaya. Foto penampakan buaya itu beredar di media sosial.

Petugas BBKSDA Jatim David Fatkhurohman menjelaskan, meskipun belum melihat langsung buaya itu, tetapi berdasarkan foto yang beredar, buaya tersebut diduga jenis buaya muara. Sungai Brantas bukanlah habitat alami buaya tersebut. Ia menduga buaya itu milik seseorang, yang sengaja dilepas.

"Bisa jadi itu merupakan lepas liaran dari masyarakat pecinta reptil. Mereka bosan atau takut dengan operasional maupun berproses dengan hukum," tutur David, Jumat (7/2/2020).

Baca juga:  Beredar Foto Buaya Diduga di Sungai Brantas Kota Kediri

Tim gabungan yang melakukan pemantauan di sekitar lokasi masih melakukan upaya untuk memancing agar buaya tersebut keluar. Mereka memasang umpan di beberapa titik. Jika berhasil ditangkap, rencananya buaya tersebut akan dibawa dan dikonservasi.

"Ini kita masih melakukan upaya pemancingan dengan menaruh umpan di beberapa titik," tambah David.

Untuk sementara, Tim BBKSDA Jatim dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kediri mengimbau masyarakat agar berhati-hati saat berada di sekitar lokasi penemuan. Diduga, buaya itu muncul di belakang pusat perbelanjaan Ramayana dan belakang Klenteng Tjoe Hwie Kong.

"Jika menemukan atau melihat bisa segera melapor untuk dilakukan proses evakuasi," pintanya.

 

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter