Penyalahgunaan BBM Bersubsidi di Banyuwangi Dibongkar, 1 Orang Diciduk

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Hafiluddin Ahmad

Kapolresta Banyuwangi tunjukkan mobil APV milik pelaku yang diisi premium

jatimnow.com - Tukiran (53), warga Desa/Kecamatan Tegaldlimo, Banyuwangi diciduk polisi karena mengangkut BBM bersubsidi jenis premium dengan mobil APV P 1604 WF miliknya.

Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Arman Asmara Syarifuddin mengatakan pelaku diduga sengaja memodifikasi mobilnya untuk memborong premium dari sejumlah pom bensin.

Modusnya, mobil APV milik pelaku diisi dengan tiga tangki modifikasi untuk menampung premium. Kapasitas dari tiga tangki itu lebih dari 100 liter. Dua tangki dipasang di bagian tengah jok penumpang berkapasitas 80 liter.

"Pelaku membeli premium Rp 6.400 lalu dioplos dengan oli, sehingga mirip bahan bakar pertamax. Bensin oplosan ini kemudian dijual Rp 8.500 secara eceran per botol," tegasnya, Sabtu (21/3/2020).

Aksi Tukiran itu, dapat diungkap aparat setelah pelaku mengisi premium di SPBU Rogojampi. Dari hasil penyelidikan, lanjutnya, modus yang dilakukan seperti ini telah berjalan hampir satu tahun.

"Hasil penjualan BBM digunakan untuk kebutuhan hidup sehari-hari," ujarnya.

Saat Tim Resmob Satreskrim Polresta Banyuwangi melakukan penggeledahan menemukan sebilah golok. Atas dasar itu, polisi mengancam pelaku dengan dua pasal.

Pertama pelaku dijerat dengan Pasal 53 UU nomor 21 tentang Migas. Subsidernya adalah UU Darurat nomor 12 tahun 1951.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter