Peninggalan Rasulullah dan Sahabat akan Dipindah ke Museum Probolinggo

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Mahfud Hidayatullah

Museum Probolinggo

jatimnow.com - Pemkot Probolinggo berencana akan meletakkan artefak atau peningalan benda-benda bersejarah Islam dan Nabi Muhammad SAW di Museum Probolinggo.

Benda bersejarah itu diantaranya baju zirah (baju perang) semasa Turki Usmani, pedang Khalid bin Walid, kain Kiswah Ka'bah semasa Turki Usmani, hingga batu sijjil.

Untuk benda peninggalan Rasulullah yaitu darah bekas bekam Nabi Muhammad SAW, rambut dan janggut (jenggot) dan bekas tapak kaki.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Probolinggo, Maskur mengatakan artefak nabi tersebut akan dilaunching pada 22 Oktober 2020 depan bertepatan dengan hari Santri Nasional.

"Jadi secara otomatis bagian ruang museum Probolinggo saat ini mulai dibenahi untuk dijadikan tempat barang-barang artefak Nabi Muhammad," katanya, Selasa (13/10/2020).

Ia menjelaskan, untuk sebagian benda atau koleksi museum yang ada di sana akan dipindahkan.

"Sebagian benda koleksi yang tidak memilki tempat di sana, maka sementara waktu akan ditempatkan di ruang yang dimiliki Pemkot Probolinggo," jelasnya.

Untuk artefak Nabi Muhammad, menurut Maskur jika Pemkot Probolinggo bekerja sama dengan PT Fed Event Indonesia Merindu.

"Nanti kedepannya akan dibangunkan khusus untuk museum artefak nabi. Kami sudah melakukan kajian soal itu. Jadi intinya penempatan di museum Probolinggo sifanya hanya sementara saja," tandasnya.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter