Banjir Surut, Warga Dua Desa di Probolinggo Berjibaku Bersihkan Lumpur

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Mahfud Hidayatullah

Warga di Probolinggo berjibaku bersihkan lumpur akibat banjir

jatimnow.com - Warga Desa Kedungdalem dan Desa/Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo yang sempat terdampak banjir kiriman harus berjibaku membersihkan lumpur, Selasa (9/3/2021).

Lumpur setebal hingga 50 sentimeter itu terbawa banjir yang melanda dua desa itu pada Senin (8/3/2021) petang hingga malam. Banjir itu akibat hujan deras di wilayah selatan Probolinggo yang menyebabkan air sungai sekitar meluap.

Warga di dua desa itu juga mengalami sejumlah kerugian. Sebab banyak harta benda mulai perabot rumah tangga, hewan peliharan serta beberapa bangunan dan rumah warga ambruk akibat banjir.

Baca juga:  Dua Desa di Probolinggo Terendam Akibat Banjir Kiriman

Sarima (43), warga Dusun Siwalan, Desa Kedungdalem mengatakan, banjir mulai masuk rumahnya petang hari. Dirinya sekeluarga terpaksa meninggalkan rumah menuju tempat aman, lantaran banjir cukup deras dengan ketinggian sekitar 1 meter.

"Saya mengungsi di rumah tetangga yang tidak terkena banjir mas. Sudah tidak sempat menyelamatkan harta benda," ungkap Sarima.

Dia berharap pemerintah memberikan solusi agar ketika hujan deras terjadi, air sungai tidak sampai meluap dan merendam rumah warga.

"Kami berharap pemerintah bisa memberikan bantuan, terutama pembangunan tanggul sungai," tegasnya.

Hudaili Maksum, salah satu perangkat Desa Kedungdalem menambahkan, banjir ketiga ini merupakan yang terbesar dibanding dua kali banjir pekan lalu.

"Banyak ternak warga seperti unggas milik warga hanyut," ujarnya.

Pembersihan lumpur dan meterial banjir lainnya dilakukan secara gotong royong oleh warga dibantu relawan dan petugas BPBD Kabupaten Probolinggo.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow4@gmail.com

Newsletter