Pixel Code jatimnow.com

Kejari Kota Kediri Bebaskan Dua Pengguna Narkoba Melalui Restorative Justice

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Yanuar Dedy
Kepala Kejaksaan Negeri Kota Kediri, Novika Muzairah Rauf (tengah) saat memberikan keterangan pers (Foto: Yanuar Dedy/jatimnow.com)
Kepala Kejaksaan Negeri Kota Kediri, Novika Muzairah Rauf (tengah) saat memberikan keterangan pers (Foto: Yanuar Dedy/jatimnow.com)

Kediri - Dua pengguna narkotika dibebaskan oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Kediri melalui program Restorative Justice (RJ). Sebelum benar-benar bebas, keduanya harus menjalani rehabilitasi.

Kedua tersangka itu bernama Agung Kurniawan (33) dan Prans Tomy Sanjaya (36). Keduanya akan menjalani rehabilitasi di IPWL Eklesia. Beberapa program akan mereka jalani selama tiga bulan ke depan.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kota Kediri, Novika Muzairah Rauf mengatakan, keduanya memenuhi syarat untuk program RJ.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, keduanya terbukti hanya sebagai pengguna dengan barang bukti sabu tidak lebih dari 1 gram. Mereka bukan residivis dan juga tidak terlibat langsung dalam jaringan bisnis terlarang itu.

BNN Kota Kediri juga memberikan rekomendasi untuk kedua warga Kecamatan Banyakan, Kabupaten Kediri tersebut agar direhabilitasi.

Baca juga:
5 Fakta Kasus Pria Gagal Move On Curi Pakaian Dalam Mantan Istri di Lamongan

"Jadi setelah kita melihat dua berkas perkara ini memenuhi syarat untuk dilakukan Restorative Justice. Kita langsung ajukan ke Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum, kita paparan dan disetujui. Langsung kita keluarkan (dari tahanan) dan kita antar ke tempat rehabilitasi," papar Novika, Rabu (31/8/2022).

Buruh serabutan itu diketahui terjerat narkotika jenis sabu sejak beberapa bulan lalu dengan latar belakang yang beragam, di antaranya lingkungan. Hingga kini mereka masuk dalam kategori pecandu yang harus disembuhkan.

Sementara melalui video yang ditampilkan oleh Kejari Kota Kediri, kedua tersangka merupakan warga miskin. Kondisi rumahnya di Banyakan terlihat cukup memprihatinkan.

Baca juga:
Pencuri Motor yang Viral di Kota Batu Dibebaskan dengan Restorative Justice

Lebih lanjut terkait proses rehabilitasi ini, Kejari Kota Kediri akan terus melakukan pemantauan, sampai kedua pengguna itu benar-benar sembuh, terbebas dari jeratan narkoba. Hingga kembali bekerja untuk memenuhi tanggungjawabnya sebagai tulang punggung keluarga.