Pixel Code jatimnow.com

5 Tempat Kuliner Jombang yang Bikin Nyesel Kalau Gak Mencicipinya

Editor : Zaki Zubaidi
Bakso Durian. (Foto: Elok Aprianto/jatimnow.com)
Bakso Durian. (Foto: Elok Aprianto/jatimnow.com)

Jombang - Banyak tempat kuliner di Kota Jombang Jawa Timur. Diantaranya menyajikan makanan yang recommended dicicipi ketika berada di Kota Santri tersebut.

Berikut 5 tempat kuliner di Jombang yang bikin nyesel kalau kita tidak mampir mencicipi kelezatannya.

1. Bakso Durian

Ide unik kadang terinspirasi dari lingkungan tempat tinggal. Seperti dialami Iis Martha (32), warga Desa Ngrimbi, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang. Lantaran tinggal dekat dengan daerah penghasil durian, ia kemudian memmbuat varian bakso yang berbeda. Namanya bakso durian. Perpaduan antara manis legit durian dan daging sapi yang sudah dihaluskan ditambah bumbu racik khusus, dijamin membuat Anda ketagihan.

Ditemui di tempat usahanya, Martha mengaku mendapatkan banyak sekali cuan dari hasil berjualan bakso durian di warungnya yang berada tepat sebelum gapura masuk Kecamatan Wonosalam. Usaha berjualan bakso durian sejak 5 tahun lalu. Awalnya, ia hanya berjualan bakso biasa.

2. Iwak Kali Brantas Warung Sambelan Cak Mail

Bagi pencinta kuliner sambelan, wajib mampir ke Warung Sambelan Cak Mail. Sajian ikan segar hasil memancing di Sungai Brantas menjadi menu andalan tempat makan tersebut. Harga satu porsi menu iwak kali lengkap sambalnya juga murah meriah. Warung Cak Mail berada di Dusun Ponen, Desa Pulogedang, Kecamatan Tembelang, Kabupaten Jombang. Setiap harinya, tempat tersebut selalu diserbu pembeli.

3. Sate Kambing H. Faqih

Baca juga:
Mencicipi Sate Kuda, Kuliner di Kabupaten Jombang yang Diburu Pemudik

Jika berkunjung ke wisata religi makam Gus Dur, kalian bisa mencicipi kuliner sate kambing yang melegenda di Jombang. Yakni sate kambing H. Faqih, yang letaknya tidak jauh dari Ponpes Tebuireng, Diwek, Jombang. Rumah makan sate ini berada di Jalan Mojowarno No. 297. Tepatnya di selatan Pabrik Gula Cukir. Tempat ini menyajikan olahan daging sate kambing dengan kualitas pilihan dan bumbu khas, yang dijaga ketat pengelola sejak tahun 1950-an.

4. Ayam Panggang Banjardowo

Beragam kuliner berbahan daging ayam tersaji di Kabupaten Jombang. Salah satunya adalah ayam panggang Banjardowo. Pencinta kuliner wajib mencicipi menu makanan bercita rasa gurih pedas ini. Tak sulit menemukan rumah makan yang menyediakan ayam panggang Banjardowo di Jombang. Yakni, rumah makan Bu Warti dekat SMPN 4 Jombang. Tempat usaha tersebut sudah ada sejak 1960 dan tetap eksis sampai sekarang.

5. Sate Glembo

Baca juga:
Pedas Nikmat Sate Glembo, Kuliner Jombang yang Pas Jadi Menu Berbuka Puasa

Pecinta kuliner wajib mencicipi sate glembo. Olahan daging sapi muda dengan bumbu rempah rahasia ini, dihadirkan khusus oleh Depot Kurnia. Rumah makan yang ada di Jalan Anggrek No 22 B Candimulyo, Kabupaten Jombang ini, menyajikan beragam olahan sate. Termasuk menu baru, sate glembo.