Pixel Code jatimnow.com

5 Kuliner Lamongan, Kelezatan Melegenda sejak 1898

Editor : Zaki Zubaidi
Proses pengemasan wingko babat di gerai Leo Lan Ing Lamongan. (Foto : Adyad Ammy Iffansah/jatimnow.com)
Proses pengemasan wingko babat di gerai Leo Lan Ing Lamongan. (Foto : Adyad Ammy Iffansah/jatimnow.com)

Lamongan - Kuliner di Lamongan banyak ragamnya. Tak hanya kelezatan soto atau tahu campur yang terkenal. Banyak makanan, juga kudapan yang rasanya melegenda sejak 1898 lampau.

Berikut 5 kuliner yang wajib dicoba saat berada di Lamongan.

1. Serabi Selong Kuah Kinca

Produk UMKM di Lamongan satu ini patut Anda coba. Namanya Serabi Selong Kuah Kinca. Meski bukan jenis kuliner baru, namun kudapan ini rasanya dijamin bikin ketagihan. Kios Serabi Selong Kuah Kinca milik Erna Winarti terletak di Jalan Basuki Rahmat, Lamongan. Tepatnya di depan GOR Lamongan.

2. Ikan Asap Sambal Orek

Salah satu penyedia menu ikan asap sambal orek adalah Warung Afiza di Desa Sumurgayam, Paciran, Lamongan. Di sana, berbagai jenis ikan asap tersedia. Mulai ikan salem, togek, mbelo, pari, tonang, manyung dan beragam ikan laut lainnya.

Baca juga:
Mudik Lewat Lamongan, Berikut 6 Kuliner yang Perlu Dicoba

3. Bebek Goreng Kendil

Pernahkan Anda mencicipi masakan eks narapidana (napi) teroris? Pengalaman tersebut bisa Anda rasakan saat berkunjung ke Kabupaten Lamongan. Tepatnya di Rumah Makan Bebek Goreng dan Ayam Kendil, Jalan Deandles, Kecamatan Paciran, Lamongan.

4. Kue Leker Arang

Baca juga:
Mengintip Dapur Loe Lan Ing Lamongan, Pewaris Resep Asli Wingko Babat Sejak 1898

Bagi Anda penggemar jajanan pinggir jalan, kue leker di Lamongan patut untuk dicoba. Bukan hanya dari segi rasa, proses pembuatannya juga cukup menarik. Lumrahnya kue leker dimasak menggunakan api gas. Tapi berbeda dengan kue leker buatan Maskan, warga Desa Moropelang, Kecamatan Babat, Lamongan. Dia memanfaatkan bara api atau arang untuk memasak.

5. Wingko Loe Lan Ing

Penasaran menikmati wingko babat seperti rasa awal di mana kudapan itu ditemukan? Loe Lan Ing di Lamongan adalah tempat yang tepat. Ya, di sana merupakan gerai pewaris resep asli wingko babat. Kata Loe Lan Ing sebenarnya diambil dari nama pewaris resep wingko babat yang kedua. Penamaan itu diambil sebab adanya pesaing bisnis dari produsen lain yang juga mulai menjual wingko babat.