61 Warga Blitar Terinfeksi HIV/AIDS, Satu Diantaranya Balita

Editor: Arif Ardianto / Reporter: CF Glorian

Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar Krisna Yekti

jatimnow.com - Penyebaran Virus HIV/AIDS di Kabupaten Blitar terus bertambah. Hingga saat ini, Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar mencatat ada 61 warga yang terinfeksi HIV/AIDS. Satu diantaranya seorang balita yang terjangkit dari orang tuanya.

“Rinciannya, usia 0-4 tahun ada satu orang, usia 15-24 tahun ada lima orang, usia 25-34 tahun ada 16 orang, usia 35-44 tahun ada 23 orang, lebih dari 45 tahun ada 16 orang. Jadi, totalnya ada 61 penderita baru," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar Krisna Yekti, Senin (6/8/2018).

Menurut Krisna, dari 61 warga itu, ada enam warga yang baru ditemukan oleh Poli Voluntary Counseling Test (VCT) di RSUD Ngudi Waluyo, Kabupaten Blitar. Enam warga itu termasuk yang balita dan lima remaja yang masih berusia 15-24 tahun.

“Mereka terjangkit dari orang tuanya. Jadi, orang tuanya mengandung dan ternyata bayinya positif HIV/AIDS," kata dia.

Sedangkan penderita HIV/AIDS yang usia 25 tahun ke atas, rata-rata terinfeksi HIV/AIDS karena seks bebas dan seks sesame jenis atau LGBT. Selain itu, melalui pola gaya hidup yang tak sehat.

Krisna menambahkan, pengobatan Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) dilakukan melalui Poli VCT yang ada di RSUD Ngudi Waluyo, Wlingi, Kabupaten Blitar. Pengobatan tersebut juga digratiskan.

"Pengobatannya juga gratis. Dan ada oknum LGBT yang ternyata menjual belikan obat ini. Kita sedang telusuri itu karena mereka ini rata-rata cenderung tertutup rapat," pungkasnya.

Reporter: Cf Glorian
Editor: Arif Ardianto


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter