Pixel Code jatimnow.com

Tips Menjaga Pisang Awet Tanpa Pengawet

Editor : Rochman Arief
(foto: fixturescloseup)
(foto: fixturescloseup)

jatimnow.com - Pisang merupakan buah yang memiliki kandungan serat dan Vitamin A yang cukup baik. Buah ini memiliki manfaat yang cukup banyak untuk kesehatan, seperti memperlancar pencernaan, dan pengganti energi.

Buah ini juga bisa untuk mengontrol gula darah serta bagus untuk diet, sekaligus memiliki antioksidan yang cukup baik bagi kesehatan tubuh.

Tapi buah ini tidak bisa bertahan lama. Warna kuning cenderung cepat memudar bila tidak segera dikonsumsi. Sementara Anda tidak bisa membeli satu atau dua buah, dan harus menyimpan di lemari es bila membeli banyak.

Sebetulnya pisag bisa bertahan dalam beberapa hari. Begini caranya.

Mengutip express.co, seorang ahli makanan higienis dari High Speed Training, Inggris menjelaskan buah yang baik dan bisa bertahan lama harus dikeluarkan dari kemasan. Apapun bentuk kemasannya.

Simpan pisang di atas meja, atau di tempat dengan suhu ruang, serta jauhkan dari kelembapan, sinar matahari, maupun suhu yang terlalu hangat saat matang.

Baca juga:
Bupati Sumenep Bikin Geger Warga di Festival Kuliner

Tempat yang terlalu hangat akan mempercepat proses pematangan pisang. Itu sebabnya perlu menghindari penyimpanan di dekat oven atau peralatan hangat.

Direktur CE Safety, Gary Ellis menambahkan pisang harus dijauhkan dari buah-buahan lainnya agar tidak mempercepat proses pematangan.

Ia menyarankan agar pisang tetap tergantung. Cara ini dapat membantu menjaganya tetap segar. Menggantung pisang memungkinkan udara bergerak lebih bebas, dan mendorong gas etilen menjauh dari buah.

Baca juga:
Kuasai Sepertiga Pasar Pisang Nasional, Jatim Perluasan Ekspor ke Pasar Global

Maka jangan heran bila Anda menjumpai pedagang di pasar tradisional menggantung pisang.