Pixel Code jatimnow.com

Pemkab Trenggalek Bantu Biaya Operasi Bocah Tertembak Senapan Angin

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Bramanta Pamungkas
Bupati Trenggalek, Mocahamad Nur Arifin (Mas Ipin) - (Foto: Dok. Prokopim Trenggalek)
Bupati Trenggalek, Mocahamad Nur Arifin (Mas Ipin) - (Foto: Dok. Prokopim Trenggalek)

jatimnow.com - Bocah berinisial KA (5), asal Desa Kamulan, Kecamatan Durenan, Kabupaten Trenggalek yang menjalani operasi pengangkatan peluru dari kepala dikabarkan mengalami kesulitan biaya.

KA sudah menjalani operasi tersebut dan sedang menunggu untuk operasi tahap kedua di Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Kota Malang, dengan biaya sekitar Rp200 juta.

Kepala Desa Kamulan, Masruri mengatakan, pihaknya saat ini berupaya mendampingi keluarga korban untuk mencari solusi pembiayaan. Salah satunya mengajukan ke Gerakan Tengok Bawah Masalah Kemiskinan (Gertak) Pemkab Trenggalek. Baznas Trenggalek juga berjanji untuk meng-cover pembiayaan korban.

"InsyaAllah disanggupi. Sementara ini belum ada biaya keluar. Kemarin kita dapat transfer dari Baznas Trenggalek untuk biaya penunggu operasional Rp1 juta," ujar Masruri, Rabu (11/1/2022).

Peristiwa itu juga menjadi perhatian Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin (Mas Ipin). Menurutnya, saat ini ASN di pemkab sedang menggalang donasi untuk membantu biaya operasi KA. Penggalangan dana dilakukan karena dari beberapa aturan operasi, belum memungkinkan dibiayai oleh APBD.

"Saat ini para ASN mengumpulkan donasi sementara Rp50 juta baru terkumpul. Selanjutnya kita upayakan beberapa hambatan administrasi bisa selesai, sehingga bisa dikeluarkan dana APBD," terang Mas Ipin.

Baca juga:
Bocah 5 Tahun di Trenggalek Tertembak Senapan Angin

KA merupakan korban peluru nyasar dari senapan angin milik pamannya. Peristiwa berawal saat korban bermain lempar bola dengan kakaknya, pada Jumat (30/12/2022) lalu.

Bola menyangkut ke atas lemari dan kakaknya berusaha meraih dengan senapan angin yang juga berada di atas lemari tersebut. Karena kurang seimbang, senapan itu jatuh ke lantai dan meletus.

Peluru senapan angin itu mengenai kepala korban hingga berdarah dan pingsan. Setelah sempat dilarikan ke puskesmas, korban dirujuk ke RSUD Dr Iskak Tulungagung hingga RSSA Kota Malang.

Baca juga:
Perjalanan Tewasnya Pria di Probolinggo Tertembak Senapan Angin Majikan

Korban telah menjalani operasi pengangkatan peluru pada 2 Januari 2023 lalu, dan dijadwalkan akan segera menjalani operasi lanjutan.