Pixel Code jatimnow.com

Pemkab Tulungagung Segera Miliki 3 Dinas Baru

Editor : Rochman Arief Reporter : Bramanta Pamungkas
Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo. (foto: Bramanta Pamungkas/jatimnow.com)
Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo. (foto: Bramanta Pamungkas/jatimnow.com)

jatimnow.com - Pemkab Tulungagung segera miliki tiga dinas baru tahun ini. Proses penggodokan peraturan daerah diketahui sedang berlangsung di DPRD setempat.

Ketiga instansi baru ini meliputi Badan Riset Dan Inovasi Daerah (BRIDA), Dinas Pemuda dan Olahraga, serta Dinas Pemadam Kebakaran. Untuk Brida merupakan instansi baru, sedangkan Dinas Pemuda dan Olahraga selama ini melekat di Dinas Pendikan, sedangkan Pemadam Kebakaran berada di bawah Satpol PP.

Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo mengatakan pembentukan instansi baru ini menjadi kebutuhan. Selain itu, instansi ini merupakan amanat dari undang-undang.

Pemkab Tulungagung, lanjutnya, telah melakukan komunikasi dengan DPRD guna membahas pembentukan dinas baru ini. Menurut Maryoto, pemkab tengah mempersiapkan Perda untuk mengesahkan pembentukan dinas tersebut.

"Perdanya sedang kita siapkan untuk pembentukan dinas baru. Terus terang, ini kebutuhan Pemkab Tulungagung," katanya, Rabu (18/01/2023).

Baca juga:
Menikmati Sensasi Pendakian Gunung Wilis Via Jalur Tulungagung

Lebih lanjut Maryoto menjelaskan bahwa Dinas Pemuda dan Olahraga merupakan pemekaran dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga. Untuk Dinas Pemadam Kebakarang merupakan pemekaran dari Satpol PP. Sedangkan Brida merupakan OPD baru, bukan hasil pemekaran.

“Yang dua ini kan dari pemekaran OPD yang sudah ada. Kalau OPD Brida, itu adalah perintah dari undang-undang. Karena di pusat kan sudah ada Badan Riset Nasional atau BRIN,” pungkasnya

Saat ini Pemkab Tulung tengah menyiapkan Pansel untuk mengisi jabatan Kepala Dinas di instansi baru tersebut. Selain itu, terdapat juga tiga jabatan setara yang masih kosong.

Baca juga:
Mulai Langka, Pemkab Tulungagung Minta Tambahan Alokasi Minyak Goreng

Tiga jabatan itu meliputi Kepala Bappeda, Kasatpol PP dan Asisten 1. Semua jabatan ini akan diisi melalui proses seleksi, dan ditargetkan semua jabatan segera terisi bulan depan. Dengan demikian, roda organisasi dapat berjalan maksimal.

"Semoga bulan depan semua jabatan yang kosong dapat terisi, lebih cepat lebih baik," pungkasnya.