Dalam Semalam, Tiga Titik Longsor Terjang Magetan

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Mita Kusuma

Tiga rumah di dua kecamatan yakni Poncol dan Ngariboyo Magetan Rusak akibat longsor.

jatimnow.com - Awal pekan ini menjadi Senin kelabu bagi Kabupaten Magetan. Pasalnya, bencana kembali menerjang di Kabupaten Magetan, Senin (12/3/2018). Bahkan ada tiga titik dan merusak 3 rumah. Yakni dua tanah longsor dan satu rumah roboh.

Untuk tanah longsor terjadi  di Dusun Templek, Dusun Kopen, Desa Gonggang, Kecamatan Poncol. Rumah roboh terjadi di Desa/Kecamatan Ngariboyo, Kabupaten Magetan.

"Jadi barusan masuk. Ada  longsor di dua titik. Dan satu rumah roboh," kata Fery Yoga Saputra, Kasie Kedaruratan dan Logistik BPBD Magetan, Senin siang.

Fery menjelaskan, memang sesuai ramalan BMKG, hujan dengan intensitas deras di Magetan. Sehingga menyebabkan longsor dan rumah roboh.

Ia mengaku, laporan pertama, dapur milik Sarno (50) RT 38/04 Dusun Templek, Desa Gonggang, Kecamatan Poncol  yang terdampak longsor.

"Dini hari itu. Untung pemilik rumah dan keluarga langsung bisa menyelamatkan diri. Untuk kerugiannya Rp 4 juta," katanya.

Sementara, titik longsornya juga bergeser ke Dusun Kopen. Dapur milik Samsuri (40) warga RT/RW 09/02,  Dusun Kopen, Desa Gonggang, Kecamatan Poncol.

"Kerugiannya mencapai Rp 30 juta. Karena memang yang terkena dapur dan peralatannya lengkap. Semua terkubur longsor," beber Fery.



Laporan masuk terakhir, berdasar keterangan Fery, rumah milik anggota SAR Magetan di Desa/Kecamatan Ngariboyo. Rumahnya roboh karena terkena angin yang kencang.

Beruntung, pemilik rumah bisa menyelamatkan diri. Hanya saja rumahnya tidak bisa ditempati karena hancur 60 persen.

"Kerugiannya ratusan juta. Apalagi dua sepeda motor serta barang-barang berharga ikut terkubur," terangnya.

Saat ini, semua sedang ditangani. Anggota BPBD dan relawan dibagi menjadi tiga untuk membantu membersihkan lokasi.

Reporter: Mita Kusuma
Editor: Arif Ardianto

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter