Pixel Codejatimnow.com

Sunset Cigar, Event Nikmati Cerutu saat Senja di Gresik

Editor : Endang Pergiwati  Reporter : Sahlul Fahmi
Customer service Wismilak saat memotong cerutu untuk para member (Foto: Sahlul Fahmi/jatimnow.com)
Customer service Wismilak saat memotong cerutu untuk para member (Foto: Sahlul Fahmi/jatimnow.com)

jatimnow.com - Cerutu atau cigar kini telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. Jika dulu aktivitas menikmati cerutu kebanyakan dilakukan masyarakat menengah ke atas (middle up), namun saat ini keberadaan cerutu sudah banyak dilakukan di berbagai kalangan masyarakat, tak terkecuali kaum milenial.

Ditemui di sela-sela acara Sunset Cigar di Damar Kurung Resto, Hotel Santika Gresik, Modern Trade Manajer Wismilak, Nana Irawati mengungkap fakta bahwa jika dulu penikmat cerutu rata-rata adalah kaum pria dewasa (mature) berusia 40 tahun ke atas, namun kini banyak penikmat cerutu yang berusia 25 tahun sampai 30 tahun.

"Dulu menikmati cerutu adalah aktivitas yang ekslusif karena harganya yang relatif mahal sehingga hanya dinikmati secara terbatas oleh kaum pria dewasa dari kalangan middle up. Tapi sekarang mulai banyak anak muda atau kaum milenial yang gemar menikmati cerutu," kata Nana, Jumat (8/9/2023).

Nana mengungkapkan jika hal itu tak lepas dari perusahaan cerutu di Indonesia yang kini mengeluarkan produk varian cerutu dengan berbagai pilihan. Hal ini dilakukan untuk menyasar berbagai segmen pasar, termasuk kaum milenial.

Suasana acara Sunset Cigar di Hotel Santika Gresik (Foto-foto: Sahlul Fahmi/jatimnow.com)Suasana acara Sunset Cigar di Hotel Santika Gresik (Foto-foto: Sahlul Fahmi/jatimnow.com)

"Jika dulu cerutu yang banyak beredar di pasaran adalah cerutu impor dan cerutu lokal dengan kualitas terbaik, karena itu harganya cukup mahal. Tapi saat ini di pasaran sudah banyak beredar cerutu dengan harga terjangkau oleh kaum milenial," ucapnya.

Baca juga:
Soap Artisan Berbahan Natural, Cara Kaum Muda Sidoarjo Kembali pada Alam

Selain kualitas dan harga, produsen cerutu biasanya memilik beberapa kategori untuk produknya baik dalam ukuran (size) maupun karakter rasanya. Sebagai contoh, perusahaan Wismilak mengeluarkan tiga size antara lain Robusto dengan diameter 2 sentimeter, corona dengan diameter 1,5 sentimeter dan petit corona dengan diameter 1 sentimeter.

"Untuk karakter rasa kami ada tiga pilihan yakni mild, medium dan medium to strong. Soal pilihan tentu tergantung selera masing-masing, hanya saja kalau bagi pemula ada baiknya memilih yang ringan dulu baru nanti secara bertahap ditingkatkan. Menikmati cerutu itu adalah perjalanan rasa, seperti halnya menikmati kuliner," ujar Nana.

Dalam kesempatan ini, Nana juga berbagi tips cara menikmati cerutu agar bisa merasakan sensasinya. Pertama, kondisi perut usahakan tidak kosong, akan lebih baik dilakukan jika sudah makan. Kemudian didampingi minuman yang tepat sesuai selera masing-masing seperti capucino, kopi, teh, dan sebagainya.

Baca juga:
5 Minuman yang Berkhasiat Menyehatkan Tubuh

"Dan yang tak kalah pentingnya saat kita menikmati cerutu adalah waktu yang santai. Me time bangetlah pokoknya," imbuh Nana.

Sementara General Manajer Hotel Santika Gresik Jaelani Romli menambahkan, digelarnya event Sunset Cigar tak lepas dari banyaknya penggemar cerutu di Kota Gresik. Selain dari komunitas cerutu, member yang hadir juga datang secara personal dimana basicnya adalah penggemar cerutu.

"Sunset Cigar adalah event menikmati cerutu saat senja. Para member juga menikmati hidangan spesial dari Damar Kurung Resto sambil mendengarkan musik yang santai di area kolam renang," imbuh Jaelani.