Pixel Codejatimnow.com

Percantik Wajah Kota, Sidoarjo Bangun 3 Taman Baru Sekaligus Remajakan 9 RTH

Editor : Endang Pergiwati  Reporter : Ahaddiini HM
Salah satu taman di Sidoarjo. (Humas Pemkab Sidoarjo for jatimnow.com.
Salah satu taman di Sidoarjo. (Humas Pemkab Sidoarjo for jatimnow.com.

jatimnow.com - Upaya mempercantik wajah dan sudut Kota Delta terus dilakukan Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali.

Tahun ini, Pemkab Sidoarjo merevitalisasi sejumlah ruang terbuka hijau (RTH) serta membangun taman-taman baru. Titik pembangunannya tidak hanya di tengah kota, tapi tersebar di sejumlah kecamatan.

Dari 12 titik proyek yang dikerjakan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Sidoarjo itu, tiga taman di antaranya merupakan proyek bangunan baru, yakni Taman Dermaga, Taman Alun-alun Jabon dan taman bahu jalan di sepanjang jalan lingkar barat.

Progres pekerjaan revitalisasi yang sudah rampung 100 persen, yakni Taman Dermaga (taman baru di sisi selatan sungai pagerwojo), Alun-alun Jabon, Taman Lansia di Perum AURI, Taman Perahu di sisi selatan Kali Pucang, taman Monumen H.R Mangoendiprojo yang terletak di sebelah utara flyover Buduran, taman median Jalan Tugu selamat datang yang ada di seberang kali Porong dan Taman Perempatan Babalayar.

Bupati yang akrab dipanggil Gus Muhdlor itu, mengatakan dari 12 taman, 5 di antaranya sedang proses pengerjaan dengan target selesai akhir Desember 2023.

"Taman yang kita remajakan atau kita revitalisasi di antaranya taman pulau di Jalan Thamrin, taman pulau di pertigaan Pasar Larangan, Taman Asean Kemudian taman bahu jalan di sepanjang jalan lingkar barat mulai Taman Abhirama sampai GOR, dan revitalisasi Alun-alun Sidoarjo yang target pengerjaannya rampung akhir Desember ini," terangnya Minggu (10/12/2023).

Gus Muhdlor menegaskan, bahwa fokus pembangunan yang ia lakukan tidak hanya pada infrastruktur jalan saja, namun juga merevitalisasi dan menambah Ruang Terbuka Hijau (RTH). Keberadaan RTH bagi Gus Muhdlor, selain untuk sarana bersantai bagi masyarakat berfungsi sebagai oksigen kota.

Baca juga:
Bupati Sidoarjo Pamer 2 Jari saat Nyoblos bersama Istri di TPS 02

"Dengan adanya RTH di sudut-sudut tempat di Sidoarjo, harapannya menjadi alternatif warga Sidoarjo untuk bersantai atau sekedar berlibur bersama keluarga melepas penat yang pasti murah meriah. Selain itu, penghijauan akan berfungsi sebagai oksigen kota," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Sidoarjo Hery Santoso mengatakan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo menargetkan revitalisasi taman tuntas akhir tahun 2023.

"12 titik taman ini kami targetkan rampung pada akhir tahun ini. Tiga di antaranya merupakan taman baru yaitu Taman Dermaga, taman yang ada di jalur pedestrian lingkar barat, serta Alun-alun Jabon," ungkapnya.

Hery menambahkan konsep revitalisasi taman yang dibangun saat ini adalah taman aktif. Artinya, taman yang memiliki beberapa fasilitas penunjang untuk rekreasi dan olahraga.

Baca juga:
Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor Ajukan Tanggal Pemeriksaan ke KPK

"Taman yang kami bangun, cocok untuk berbagai usia mulai dari anak-anak hingga lansia," pungkasnya.

Seperti pada Taman Asean, dikatakannya, akan dibangun fasilitas bermain bagi anak-anak dan lansia.

“Saat ini progres Taman Asean sudah mencapai 80 persen," tutupnya.