Pixel Codejatimnow.com

BPK XI Jatim Kaji Tugu Tapal Batas di Kayunan Kediri

Editor : Endang Pergiwati  Reporter : Yanuar Dedy
Perwakilan Tim BPK wilayah XI Jawa Timur di Kayunan Plosoklaten. (Foto : Galuh for jatimnow.com)
Perwakilan Tim BPK wilayah XI Jawa Timur di Kayunan Plosoklaten. (Foto : Galuh for jatimnow.com)

jatimnow.com – Tim Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah XI Jawa Timur mengkaji temuan Tugu Tapal Batas berangka tahun 1123 saka di Desa Kayunan, Kecamatan Plosoklaten, Kabupaten Kediri.

Perwakilan Tim BPK wilayah XI Jawa Timur, sekaligus Lektor Kepala di Departemen Universitas Malang, Ismail Lutfi, mengatakan, tugu tersebut diperkirakan masih dalam kurun waktu pemerintahan raja terakhir Kadiri yang bernama Srengga atau biasa disebut Kertajaya, pada abad 13 Masehi.

“Bisa saya katakan dari angka tahun itu, sebenarnya tidak bisa membawa kita ke raja tertentu. Tapi bisa kurun waktu pemerintahan raja tertentu. Angka tahun 1123 saka, ini kurun waktu pemerintahan raja terakhir Kediri, Srengga,” jelasnya, Rabu (17/1/2024).

Tugu Tapal Batas itu berukuran tinggi 170 cm dan tebalnya 76 cm. Tidak hanya tugu saja, tapi di lokasi juga ditemukan berbagai benda bersejarah lainnya. Antara lain, balok batu andesit, batu bata merah kuno dan fragmen artefak batu andesit beserta ornamennya.

Baca juga:
Melihat Tugu Tapal Batas Era Prabu Kertajaya di Kayunan Plosoklaten Kediri

Penelitian itu dilakukan BPK Wilayah XI Jatim bersama Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri. Lutfi mengaku masih terus melanjutkan penelitiannya untuk menguak latar belakang sejarah, maupun kebudayaan yang ada di wilayah temuan.

“Yang kita lihat sekarang hasil galian ini, struktur lapisan tanah. Dari sana kita akan pelajari budaya-budaya yang disimpan pada tugu angka tahun itu, kira kira sudah megalami proses apa saja. Asli disini atau ada perubahan dari dia,” tambahnya.

Baca juga:
Video: Pemindahan Sementara Prasasti Lawadan Tulungagung

Lokasi penemuan Tugu Tapal Batas berangka tahun 1123 Saka yang diperkirakan era Raja Kertajaya, raja terakhir Kerajaan Panjalu atau Kadiri, itu kini di police line.

KPK Jebloskan Kepala BPPD Sidoarjo ke Tahanan
Peristiwa

KPK Jebloskan Kepala BPPD Sidoarjo ke Tahanan

"KPK menetapkan dan mengumukan satu orang pihak yang dapat diminta pertanggungjawaban secara hukum dengan status tersangka AS, Kepala BPPD Sidoarjo," kata Ali .