Buang Bu Lurah Banyuwangi di Sungai, Polisi Tetapkan 1 Tersangka

Editor: Erwin Yohanes / Reporter:

Tersangka Agus Siswanto

jatimnow.com - Pelaku yang membuang Bu Lurah Wilujeng Esti Utami ke sungai Sere Dusun Sendangrejo, Desa Kebondalem, Kecamatan Bangorejo resmi menjadi tersangka. Pelaku diketahui sebagai oknum LSM dan wartawan, Agus Siswanto.

Berdasarkan keterangan korban kepada penyidik Polres Banyuwangi, Lurah Penataban Wilujeng Esti Utami keluar dari kantor kelurahan sekitar pukul 12.00 WIB, dijemput oleh Agus Siswanto (sebelumnya disebut AS-red), Selasa (31/7/2018).

Bu Lurah diajak oleh Agus untuk menemui H Muhammad Ali Makki Zaini (Gus Makki) yang diketahui sebagai Ketua PCNU Banyuwangi. Uniknya, pemeran Gus Makki adalah Sujiono alias Jion. Belakangan dikenal sebagai oknum LSM.

Baca juga: Kaki dan Tangan Terikat, Bu Lurah di Banyuwangi Dibuang ke Sungai

"Foto Jion ini ditunjukkan kepada korban sebagai Gus Makki (Ketua PCNU). Sampai sekarang kita masih lakukan pemeriksaan," sebut Kapolres Banyuwangi AKBP Donny Adityawarman, Selasa (1/8/2018).

AKBP Donny mengatakan, hingga saat ini pihaknya masih mengembangkan kasus percobaan pembunuhan yang melibatkan oknum wartawan dan LSM dengan Lurah Penataban Kecamatan Giri, Banyuwangi.

Baca juga: Bu Lurah di Banyuwangi Dibuang ke Sungai, Begini Kronologinya

Sementara itu untuk barang bukti yang telah diamankan, diantaranya uang Rp 60 juta, tas milik korban. Sedangkan untuk handphone pelaku hingga saat ini masih dilakukan pencarian.

"Uang tersebut (Rp 60 juta) akan dipinjamkan kepada orang yang dalam tanda kutip Gus Makki tersebut," urai Kapolres.

Baca juga: Bu Lurah Dibuang ke Sungai, Pelaku Catut Nama Ketua PCNU Banyuwangi

Saat dikonfirmasi, lanjut Donny, Gus Makki atau Ketua PCNU Banyuwangi tidak membenarkan bahwa dirinya akan meminjam sejumlah uang kepada korban.

"Tadi sudah saya telepon yang kebetulan beliau adalah salah satu ulama di Banyuwangi dan itu (uang Rp 60 juta) tidak benar," katanya.

Baca juga: Polisi 'Tangkap' Terduga Pembuang Bu Lurah ke Sungai di Banyuwangi

Terpisah, Ketua PCNU Banyuwangi Muhammad Ali Makki Zaini mengatakan bahwa pihaknya tidak mengenal satu pun baik dari pelaku maupun korban. Apalagi, seseorang yang mengaku adalah dirinya.

"Saya secara pribadi tidak terkait sama sekali dengan peristiwa itu," tegas Gus Makki.

Baca juga: Bu Lurah Banyuwangi Dibuang di Sungai, Ini Cerita Warga

Saat keluar dari halaman Mapolres Banyuwangi, korban, Wilujeng Esti Utami nampak lemas dan dituntun oleh salah seorang yang mengaku pegawai di Kelurahan Penataban.

Wilujeng Esti Utami nampak memegangi bagian kepalanya dan enggan mengeluarkan sepatah kata pun.

Reporter: Hafiluddin Ahmad
Editor: Erwin Yohanes

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter