Wabup Cak Ipin dan Kapolres Beri Nama Bayi yang Dibuang di Trenggalek

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Bramanta Pamungkas

Bayi dibuang yang diberi nama oleh Wabup Cak Ipin dan Kapolres Trenggalek diserahkan ke UPT Pelayanan Sosial Asuhan Balita Sidoarjo

jatimnow.com - Setelah menjalani perawatan selama 25 hari di Rumah Sakit Dr Soedomo Kabupaten Trenggalek, bayi berjenis kelamin laki-laki yang dibuang di persawahan Kecamatan Durenan, kondisinya membaik.

Bayi yang ditemukan terbungkus kardus pada 18 Januari 2019) lalu itu, akan menempati rumah barunya di UPT Pelayanan Sosial Asuhan Balita (PSAB) Sidoarjo untuk menunggu proses adopsi.

Pemkab Trenggalek juga sudah menerbitkan akta kelahiran bayi dengan nama Haydar Ali Sanika Putra. Nama ini merupakan pemberian dari Wakil Bupati Trenggalek, Muhammad Nur Arifin atau Cak Ipin dan Kapolres Trenggalek, AKBP Didit Bambang Wibowo.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Trenggalek, Ratna Sulistyowati menjelaskan, proses penerbitan akta tersebut melalui jalur khusus. Hal itu karena orang tua kandung bayi tersebut belum diketahui.

Baca juga: 

Bayi tersebut untuk sementara dimasukkan ke dalam Kartu Keluarga (KK) PSAB Sidoarjo. Nantinya jika sudah ada yang mengadopsi, akan dipindahkan ke KK pengadopsi. Dari data terakhir, sebanyak 17 pasangan sudah antri untuk mengadopsi bayi ini.

"Di akta kelahiran tidak dicantumkan nama orang tua, yang paling penting bayi ini sudah terdaftar adminitrasi induk," terangnya, Rabu (13/02/2019).

Nama Haydar Ali Sanika Putra itu bukan tanpa makna. Haydar merupakan nama pemberian dari Cak Ipin yang berarti berani. Sedangkan Sanika merupakan nama angkatan Kapolres Trenggalek. Diharapkan nanti bayi ini mau mendaftar sebagai polisi.

"Jadi saat mendaftar nanti bisa dimudahkan karena ada nama angkatan Kapolres," tambahnya.

Sebelumnya, pada saat ditemukan, berat bayi hanya 2,3 kilogram dan dalam kondisi memprihatinkan karena diletakkan dalam kardus dan kedinginan. Selain itu bayi dinyatakan prematur, sehingga harus menjalani perawatan intensif di RSUD Dr Soedomi.

"Kondisinya kini sudah lebih baik dan kami serahkan ke PSAB Sidoarjo," pungkasnya.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter