Rekonstruksi Mutilasi Penari di Kediri: Pelaku Peragakan 38 Adegan

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Bramanta Pamungkas

Rekontruksi pembunuhan guru tari atau mutilasi mayat dalam koper di Kediri

jatimnow.com -Rekontruksi pembunuhan penari di Kediri yang mayatnya di masukan dalam koper digelar, Rabu (24/4/2019).   Sebanyak 38 adegan diperagakan oleh dua pelaku,  Aris Sugianto dan Ajis Prakoso.

Adegan terbanyak dilakukan di sebuah warung nasi goreng, di Desa Sambi, Kecamatan Ringinrejo, Kabupaten Kediri. Di lokasi ini, Korban Budi Hartanto dihabisi oleh dua pelaku. Jenazahnya dimutilasi, jasadnya dimasukkan dalam koper dan dibuang di Blitar.

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera yang ikut dalam rekontruksi ini menuturkan, terdapat enam titik, diantaranya sanggar tari milik korban di Kota Kediri, warung lokasi pembunuhan, dua lokasi pembuangan di wilayah Kabupaten Kediri dan Blitar, serta rumah pelaku Aris Sugianto.

"Sesuai BAP adegan pertama di sanggar tari korban dan adegan terakhir di rumah pelaku Aris Sugianto," ujarnya, Rabu (24/04/2019).

Dalam rekontruksi ini adegan 11,12,13 dan 14 menjadi kunci kasus pembunuhan ini. Adegan tersebut pelaku memperagakan bagaimana mereka membunuh korban, serta memutilasi dan memasukkan ke dalam koper.

Setelah korban meninggal, keduanya kebingungan untuk membuang jenazah. Pelaku Aris kemudian sempat pulang ke rumahnya di wilayah Kabupaten Blitar untuk mengambil koper milik ibunya.

"Mereka kemudian memotong kepala korban untuk menghilangkan jejak dan memudahkan memasukkan jenazah dalam koper," tuturnya.

Keduanya kemudian membawa potongan kepala dan koper menggunakan sepeda motor korban. Mereka membuang bagian kepala korban terlebih dahulu di aliran sungai Desa Jemekan, Kecamatan Kras, Kabupaten Kediri. Setelah itu mereka kemudian membuang koper berisi tubuh korban di Jembatan Desa Karanggondang, Kecamatan Udanawu, Kabupaten Blitar.

"Rekontruksi ini digelar untuk mengetahui kejelasan kasus pembunuhan mutilasi," pungkas Barung.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter