12 Cewek asal Bandung dan Malang yang Diciduk Korban Human Trafficking

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Hafiluddin Ahmad

Polres Situbondo ungkap korban perdagangan manusia

jatimnow.com - 12 orang cewek yang berasal dari Bandung, Jawa Barat dan Malang, Jawa Timur yang diciduk di eks lokalisasi Gunung Sampan, Desa Kotakan, Kecamatan/Kabupaten Situbondo adalah korban perdagangan manusia atau human trafficking.

Kapolres Situbondo, AKBP Awan Hariono mengatakan pengungkapan kasus human trafficking yang dilakukan dari 12 perempuan itu terdapat 5 orang anak yang masih di bawah umur.

"Korban ada 12 orang, 5 diantaranya anak dibawah umur," kata AKBP Awan saat konferensi pers di Mapolres, Senin (29/7/2019).

Baca juga: 12 Cewek Asal Bandung dan Malang Diduga PSK Diciduk di Situbondo

Dari hasil penggerebekan ini, Satreskrim juga mengamankan 2 orang terduga mucikari, Nita dan Selamet. Kedua pelaku ini, diduga mengorbankan 12 perempuan tersebut untuk dipekerjakan sebagai pekerja seks komersial (PSK) di eks lokalisasi, Gunung Sampan, Situbondo.

"Polisi juga mengamankan N dan S yang diduga sebagai mucikari. Mereka mendatangkan perempuan-perempuan tersebut dari Bandung untuk di jadikan pekerja seks," terangnya.

Dalam menjalankan aksinya, kedua pelaku menggunakan handphone untuk bertransaksi. Selain itu, beberapa buku catatan tamu hidung belang dan catatan uang setoran kepada mucikari juga diamankan polisi.

"Dari pengakuan korban, rata-rata mereka tidak tahu jika akan di pekerjakan sebagai pekerja seks oleh pelaku," tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolres juga merilis penertiban tambang galian C ilegal. Sebab, meski telah diberikan imbauan dan sosialisasi untuk mengurus perizinan sejak bulan Mei tahun 2018, para pelaku tambang tidak mengindahkan sosialisasi tersebut.

Dalam kegiatan penertiban tambang ilegal ini, Polres Situbondo mengamankan 1 unit truk dan 1 unit ekscavator yang saat ini telah masuk ke tahap penyelidikan.

"Bahwa penanganan kasus ini dilakukan secara objektif dan profesional serta mengharapkan peran aktif masyarakat untuk menjaga kamtibmas dan memberikan informasi kepada Polri apabila menemukan hal-hal yang mengganggu kamtibmas," terangnya.

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter