Buntut Kericuhan Antar Suporter, Persis Solo Tanding Tanpa Pendukung

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Bramanta Pamungkas

Dampak kericuhan antar suporter PSIM Yogyakarta dan Persik Kediri di Stadion Brawijaya Kota Kediri

jatimnow.com - Kericuhan antara suporter PSIM Yogyakarta dan Persik Kediri di Stadion Brawijaya Kota Kediri, berimbas pada pertandingan Liga 2 selanjutnya, yaitu antara Persik vs Persis Solo di stadion yang sama, Jumat (6/9/2019).

Akibat kericuhan Senin (2/9/2019) petang tersebut, Polres Kediri Kota telah mengirimkan surat ke panitia pelaksana agar suporter Persis Solo tidak datang ke Kota Kediri.

Media Officer Persik Kediri Canda Adi Surya membenarkan surat yang dikirim kepolisian tersebut. Dalam surat tersebut, keamanan beralasan situasi belum kondusif pascabentrokan tersebut.

"Iya benar, Polresta Kediri tidak memberi izin ada suporter lawan setelah kejadian kemarin. Tetapi suporter Persik tetap diizinkan memberi dukungan," ujar Canda, Rabu (4/9/2019).

Baca juga:  

Manajemen Persik juga mengutuk keras bentrokan antar suporter tersebut. Manajemen Persik meminta aparat kepolisian mengusut tuntas dan mencari dalang di balik kerusuhan itu. Dalam pernyataan resminya, CEO Persik Kediri Subiyantoro menyatakan, Persik berkomitmen mengikuti kompetisi untuk meraih prestasi.

"Kami mengutuk dan menyesalkan insiden tersebut. Kami ingin setiap pertandingan berlangsung lancar dan aman," tuturnya.

Subiyantoro menambahkan, sejak awal manajemen siap dan berkomitmen mengikuti kompetisi Liga 2 dengan segala potensi yang dimiliki. Dalam setiap pertandingan home, pihaknya menyiapkan panpel untuk bisa menggelar pertandingan berjalan lancar dan aman serta selalu berkoordinasi dengan aparat keamanan.

Namun manajemen persik tidak memiliki kemampuan intelijen untuk mengantisipasi terjadinya aksi kericuhan.

"Yang dilakukan manajemen selama ini mencegah terjadinya keributan dengan menerapkan SOP, yaitu menscreaning penonton di pintu masuk," tegasnya.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter