Gubernur Soekarwo Puji Pelajar SMKN 1 Surabaya Berani Protes Pungutan

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Farizal Tito

Ilustrasi

jatimnow.com - Gubernur Jatim Soekarwo memuji pelajar SMKN 1 Surabaya yang kritis dan berani demontrasi memprotes pungutan biaya gedung parkir.

Langkah pelajar yang demontrasi menolak biaya pembangunan gedung parkir berlantai 3 di halaman sekolah yang berada di Wonokromo itu sebagai bukti keberhasilan pendidikan.

"Kalau ada siswa kemudian protes kepada kepala sekolah, itu bukan kegagalan pendidikan tapi keberanian menyampaikan ketidak adilan," tegas Soekarwo atau Pakde Karwo.

Pernyataan Soekarwo yang 'menyejukan' bagi pelajar itu disampaikan usai penyerahan Piagam Penghargaan Kementrian Keuangan Republik Indonesia kepada Bupati/wali kota di Provinsi Jawa Timur peraih opini WTP atas LKPD tahun 2017, Sabtu (30/9/2018). 

Menurut Soekarwo, demontrasi yang dilakukan pelajar SMK Negeri 1 Surabaya itu bukan sikap yang jelek.

Baca Juga: 

Sekolah telah membentuk keberanian pelajar untuk menyampaikan isi hatinya. Justru jika diam saja maka merupakan kegagalan.

"Pendidikan itu yang benar, jadi kalau didik tapi diam aja tidak ada gunanya," tegas Soekarwo.

Demontrasi digelar pelajar SMKN 1 Surabaya pada Kamis (27/9). Mereka menuntut Kepala Sekolah SMKN 1 Bahrun diganti. Selain itu, pelajar memprotes pungutan biaya pembangunan gedung parkir. Hari itu juga sekolah dan komite sekolah membatalkan.

Unjuk rasa ini digelar sehari setelah terjadinya aksi kekerasan siswa yang dilakukan Kepala Sekolah SMKN 1 Surabaya Bahrun. Tiga pelajar menjadi korban, namun Kepala Dinas Pendidikan Jatim Saiful Rachman  menganggap enteng kasus tersebut dengan mengumbar pernyataan yang kontroversial.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter